Senin, 14 Juli 2008

Sejarah Pembantaian Imam Husain bin Ali r.a & keluarga Ahlulbait di Karbala

Saudara saudaraku se iman dalam Islam, setiap tanggal 10 Muharam sebagian umat Islam syiah dibeberapa negara selalu memperingati hari yang disebut "Hari Asyura", sebuah peristiwa yang sangat "mengerikan" yakni "Pembantaian Imam Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib" beserta keluarga Ahlulbait di Karbala yang terjadi 10 Muharram 61 H.


Lalu bilamana kita mengupas "Peristiwa Karbala" - nama "Imam Husein r.a" - "Imam Ali r.a" dan tokoh Ahlulbiat lainnya maka kebanyakan kita akan selalu terperangkap kedalam dikotomi Sunni - Syiah, yang seakan akan para ahlulbait hanya milik muslim syiah yang telah terlanjur diberikan "stigma" sebagai Islam sempalan. Padahal anggapan itu salah besar karena kedudukan para Ahlulbait sesungguhnya milik seluruh umat Islam didunia.


Hampir hampir saja kita umat Islam melupakan peristiwa "Kezholiman" yang sangat kelam diawal awal Islam yang dilakukan oleh Muawiyah dan Yazid Laknatullah terhadap keluarga Ahlulbait, dari pembunuhan terhadap Imam Ali r.a - menyusul pembunuhan terhadap Imam Hasan r.a dan selanjutnya Imam Husein r.a sekeluarga di Karbala.


Tulisan ini bukan untuk menyorot soal dikotomi Sunni - Syiah, karena sumber sumber sejarah Islam sudah banyak yang diselewengkan dan ditutup tutupi sesuai kehendak politik penguasa saat itu, dan sudah bukan rahasia umum selama berabad abad pasca wafatnya Imam Ali r.a - Imam Husein r.a 1.388 tahun lalu, Muawiyah & Yazid laknatullah telah melakukan kedzoliman yang dahsyat dengan melaknat dan mengkafirkan Imam Ali r.a dan beserta seluruh keluarga AhlulBait Nabi Muhammad SAWW.


Menurut bahasa, kata Syiah berarti pendukung/pengikut. Seperti Syiah Ali berarti pendukung/pengikut Ali, Syiah Muawiyah berarti pendukung/pengikut Muawiyah, Syiah Husein berarti pendukung/pengikut Husein.


Fakta yang dapat kita lihat sekarang ini memang tidak bisa disangkal, kelompok Sunni memang ada dan kelompok Syiah juga ada termasuk berbagai kontroversial yang terus terjadi selama ini sehingga membuat kita lupa diri dan terperangkap dalam kegelapan "dikotomi sunni-syiah" yang panjang.


Bahwa Imam Ali bin Abi Tholib r.a termasuk Ahlulbait lainnya (Siti Fatimah Azzahra - Imam Hasan r.a - Imam Husein r.a) bukanlah milik satu golongan saja, akan tetapi mereka adalah milik seluruh umat Islam sedunia dalam satu wadah Ahlul Sunnah wal Jama'ah baik pada masa lampau - sekarang maupun masa masa yad. Dari merekalah sumber agama Islam dapat kita pelajari dengan benar.

Salam kepada jasad yang berlumuran darah
Salam kepada jasad yang berhiaskan tancapan anak panah
Salam kepada kepala yang selalu diciumi kakeknya
Salam kepada orang kelima di antara ash-hâb al-kisa'
Salam kepada orang yang terasing di Karbala
Salam bagimu, wahai Aba Abdillah, al-Husain…


Kini, tibalah giliran kepala-kepala suci syuhada Karbala…

Umar bin Sa'ad memerintahkan setiap kabilah memotong kepala-kepala syuhada Karbala yang akan dipersembahkan kepada Ubaidillah bin Ziyad dengan harapan hadiah darinya. Maka, bersiaplah suku Kindah bersama panglima Qais bin Asy'ats dengan 13 potong kepala, suku Hawazin bersama tentara Syimir dengan 13 potong kepala, suku Tamim dengan 7 potong kepala, bani As'ad dengan 16 potong kepala, dan pasukan lainnya dengan sisa kepala syuhada Karbala lainnya.

Sebelum melihat Padang Karbala yang memerah lantaran darah suci para syuhada Karbala; sebelum melihat pemandangan berupa jasad-jasad tanpa kepala; sebelum menengok keadaan pasca pembantaian di Karbala; mari kita ungkapkan rasa bela sungkawa dan tawasul kita kepada orang yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, kepada ibunda tercinta al-Husain, kekasih al-Husain… Kita ketuk pintu hati al-Zahra as. Dengan harapan, kelak kita akan dibangkitkan bersama al-Zahra as. Semoga al-Zahra hadir di tengah-tengah kita saat ini.

Demikianlah sekelumit penggalan kisah pembantaian Karbala yang menimpa Imam Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib as beserta Ahlulbait lainnya keluarga generasi pertama Sayyidina Muhammad Rasulullah SAWW, sebuah sejarah yang sangat kelam yang wajib diketahui oleh kita semua.

Selanjutnya peritiwa "Pembantaian Imam Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib" beserta keluarga Ahlulbait di Karbala" telah kami buatkan halaman khusus dalam bentuk e-Book dilengkapi dengan berbagai artikel & ulasan serta galery streaming & gambar yang diambil dai berbagai sumber. Mudah mudahan dengan membaca sejarah Imam Al-Husain r.a , kita semua akan mendapat pencerahan. Amin ya Robbal alamiin